Desain Interior Palembang – Rumus Siku Bangunan

Sebelum kita masuk ke caranya, Anda harus tahu dulu apa rumus siku bangunan. Seperti yang kita tahu hasil akhir dari sudut siku tentu akan menghasilkan segitiga siku-siku dengan derajat 90.

Maka dari itu rumus siku bangunan yang akan kita gunakan berasal dari salah satu rumus matematika yaitu Teorema Pythagoras. Rumus ini menunjukkan hubungan antara sisi pada segitiga siku-siku.

Pada gambar di atas bisa Anda lihat terdapat tiga sisi, dengan dua sisi penyiku dan satu sisi miring kemudian C sebagai sudut sikunya.

Pada rumus tersebut berlaku jumlah kuadrat dua sisi penyiku = kuadrat sisi miring. Agar lebih mudah kami akan beri satu contoh perhitungan.

Misalkan terdapat beberapa panjang sisi sebagai berikut.

Sisi a= 3 cm

Sisi b= 4 cm.

Maka hasil sisi c adalah

= 3² + 4²

= 9 + 16

= 25

= √25

=5 cm.

Maka hasil sisi miring atau sisi terpanjang yaitu 5 cm. Sehingga masing-masing sisinya menjadi a=3 cm, b=4 cm dan c=5 cm. Tidak hanya 3,4,5, pola pythagoras lain yang sering ditemui juga seperti 6,8,10 kemudian 9,12,15.

Apabila panjang sisi rumah Anda berbeda, maka tinggal masukan pada rumus di atas saja. Bagaimana, sekarang Anda sudah tahu bagaimana mencari ukuran siku bangunan. Selanjutnya adalah cara menyiku bangunan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *