Tukang Palembang – Pengertian Struktur Tanah

Ketika hendak memulai konstruksi, struktur tanah adalah hal yang sangat penting untuk diketahui. Sebab, tanah memiliki berbagai struktur dan tekstur yang bervariasi.

Struktur tanah adalah sifat fisik tanah yang menggambarkan susunan komposisi partikel tanah dari lapisan terbawah sampai permukaan. Partikel tersebut mulai dari batuan kerikil, batuan padat, debu, pasir, sampai tanah liat yang terbentuk dengan cara alami.

Masing-masing susunan partikel tersebut memiliki tingkatan yang berbeda, walaupun bahan organik yang terkandung di dalamnya memiliki keterkaitan satu sama lainnya.

Kondisi inilah yang membuat pada setiap kedalaman lapisan tanah, bentuk, sifat, komponen penyusunan, hingga ukurannya juga berbeda. Perbedaan kondisi pada sebuah struktur tanah turut dipengaruhi oleh campuran lainnya lain seperti oksida, silika, dan karbon yang saling tercampur menjadi satu.

Selain dari kedalamannya, kualitas struktur tanah pada setiap daerah juga akan berbeda-beda, menyesuaikan kondisi alam, lingkungan, serta curah hujan kawasan tersebut.

Pasalnya, tanah yang letaknya berada di wilayah dengan curah hujan tinggi umumnya mempunyai struktur remah. Sementara daerah yang panas, struktur lapisan bawahnya lebih prismatik di mana bagian atas tanah akan terlihat berbentuk tidak membulat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *