Interior Furniture Palembang – Kegunaan air curtain

Pada bagian sebelumnya, sempat disinggung sedikit mengenai kegunaan dari air curtain. Untuk melengkapi penjelasan tersebut, kami akan memberikan paparan lebih lanjut mengenai fungsi dari alat yang bernama tirai udara ini.

Menjaga suhu ruangan

Suhu udara ruangan dapat berubah ketika ada interaksi dengan area yang memiliki suhu lebih tinggi atau lebih rendah serta kapasitas udaranya lebih besar. Sebagai contoh, rumah dengan AC akan berubah suhunya apabila pintu dan jendela dari ruangan tersebut dibuka lebar.

Tugas dari tirai udara adalah melakukan blokade atas paparan dari suhu di luar area ruangan yang menjadi titik peletakkannya. Udara yang dihembuskan dari blower ke bawah akan menjadi penghalau masuknya udara dari area ruangan tersebut.

Sebagai catatan, fungsi ini punya potensi untuk tidak terjadi ketika hembusan angin dari luar ruangan pemasangan air curtain lebih mampu menembus angin dari blower alat ini. Jadi, ketika ada angin yang kencang sekali, udara dari luar dapat menembus tirai udara.

Menghalau masuknya udara yang terkontaminasi

Banyak sekali hal-hal yang bisa mengkontaminasi udara di dalam ruangan. Misalkan, asap hasil dari terbakarnya atau pembakaran sebuah benda, asap dari kendaraan bermotor atau mesin tertentu, ataupun bau yang tidak sedap.

Adanya alat ini mampu menjadi penghalang dari udara-udara yang terkontaminasi tersebut. Jadi, udara-udara tersebut tidak akan masuk ke dalam ruangan dan tetap di area luar. Maka dari itu, kita akan sering menemui alat ini diletakkan pada lokasi-lokasi yang menjaga atau membutuhkan kehigienisan udara. Misalnya, mall, supermarket, atau tempat penyimpanan benda-benda yang dapat rusak jika terkena paparan udara kotor.

Menjadi penghalang masuknya serangga

Tirai udara berbentuk angin yang dihasilkan dari alat ini juga mampu menjadi penghalang masuknya serangga-serangga ke area lokasi. Jadi, hewan-hewan seperti lalat yang mengganggu tidak akan bisa masuk melalui pintu masuk dengan tirai udara. Namun, perlu diingat untuk tidak membuka akses lain untuk masuknya serangga-serangga yang dimaksud.

Membuat ruangan lebih sedikit terpapar debu

Dengan adanya hembusan angin yang kencang dari blower air curtain, debu-debu yang datang dari area luar juga dapat dihalau untuk masuk ke dalam. Jadi, debu-debu tersebut akan tetap di luar dan tidak mengotori area yang ada di dalam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *