Kitchen Set Palembang – Apa itu RISHA?

RISHA merupakan singkatan dari Rumah Instan Sehat Sederhana. Seperti halnya RIKa, rumah ini dapat dibuat dalam waktu yang cukup singkat. Untuk pengerjaan satu unit bangunan ini, waktu yang dibutuhkan kira-kira 24 jam dan hanya perlu dikerjakan oleh 3 orang.

Proyek ini dikembangkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serta Balai Penelitian dan Pengembangan (Balitbang). Tujuannya adalah untuk memberikan masyarakat sebuah hunian alternatif.

Yang ditawarkan oleh RISHA adalah sebuah rumah murah, aman dan layak huni. Hal ini mengingat rumah biasa nilai pembangunannya makin hari makin mahal, baik dari proses pengerjaan maupun harga materialnya.

Struktur rumah ini terbuat dari panel beton bertulang. Material tersebut merupakan campuran dari bahan-bahan seperti semen, air, pasir, baja tulangan dan batu kerikil.

Sesuai dengan pemberitaan di Kompas.com (26/08) tahun 2018, Muhajirin sebagai Kepala Seksi Balitbang Tata Bangunan dan Lingkungan mengatakan bahwa RISHA memungkinkan untuk dikerjakan oleh siapapun. Hal ini dikarenakan rumah ini menggunakan struktur dengan prinsip knock down atau bongkar pasang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *