Kontraktor Palembang – Bentuk dan ukuran pondasi rumah 3 lantai

PONDASI FOOT PLAT / CAKAR AYAM

Ukuran 1m x 1m x 0,25m dengan besi tulangan diameter 13mm. Kedalaman pondasi 1,5m atau sampai bertemu dengan lapisan tanah keras. Dimensi cakar ayam bisa diperkecil jika jarak antar kolom kurang dari 3m.

PONDASI PASANGAN BATU KALI

Bisa juga memakai pasangan batu kali dengan campuran adukan 1 takar semen berbanding 6 pasir. Penampang pondasi berbentuk trapesium dengan ukuran lebar bawah 80cm, lebar atas 40cm, tinggi pasangn 100cm.

PONDASI BORE PILE / TIANG PANCANG

Alternatif berikutnya yaitu memakai bore pile atau tiang pancang dengan kedalaman menyesuaikan dengan posisi lapisan tanah keras didalam tanah. Sebelumnya dilakukan tes sondir terlebih dahulu untuk menentukan seberapa dalam pondasinya akan dibuat.

CONTOH GAMBAR PONDASI RUMAH 3 LT

Misalnya bisa pakai perpaduan antara pasangan batu kali dan cakar ayam yang diletakan dibagian bawah struktur kolom utama. Untuk kolon praktis tidak perlu dipasang foot plat, gambarnya seperti ini

pondasi rumah 3 lantai

pondasi rumah 3 lantai

 

 

Demikian beberapa alternatif model struktur pondasi rumah 3 lantai yang bisa dipakai, disertai dengan penjelasan mengenai bentuk, ukuran serta material yang digunakan.

Ini hanyalah gambaran umum saja untuk bangunan yang berdiri diatas tanah normal keras bukan lunak, serta kekuatan gempa didaerah tersebut tidak melebihi normal.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *