Arsitek Palembang – Takaran Adukan Bahan Untuk Plester Dinding

Ketentuan takaran atau perbandingan adukan plesteran sebenarnya sudah diatur dalam ketentuan SNI 2008, di sana terdapat berbagai indeks harga satuan plesteran.

Ada beragam jenis plesteran dengan ketebalan sekitar 15 mm. Jenis plesteran ini memiliki rasio perbandingan yang berbeda.

Namun, rasio tersebut dapat digunakan sebagai plester lantai dan dinding. Maka dari itu di bawah ini kita hanya akan membahas yang plester dinding saja.

Berikut beberapa perbandingan rasionya.

  • 1 PC : 3 PP: rasio perbandingan pertama yang cocok untuk plester dinding yaitu 1:3. Untuk setiap satu satuan pasir, maka perlu menggunakan semen sebanyak 3 satuan. Dengan bahan yang dibutuhkan yaitu semen sebanyak 7,776 kg/m2 dan pasir 0,023m3/m2.
  • 1 PC : 4 PP: selanjutnya yaitu takaran 1:4. Pasir yang digunakan yaitu satu satuan kemudian untuk semennya 4 satuan. Untuk bahannya membutuhkan sekitar 6,240kg/m2 semen dan pasir 0,024m3/m2.
  • 1 PC : 5 PP: rasio terakhir yaitu 1:5, rasio ini membutuhkan material sebanyak semen 5,184 kg/m2 dan 0,026 m3/m2 pasir.

Itulah tiga rasio takaran adukan bahan untuk membuat plesteran dinding, jika plesteran lantai bisa mulai dari rasio 1:2 maka plesteran dinding hanya mulai dari rasio 1:3 saja.

Apabila sudah mengetahui takaran yang direkomendasikan, selanjutnya Anda perlu tahu cara menghitung plesteran dinding mulai dari bahan hingga volumenya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *