Jasa Desain Rumah Palembang – Tips Dapur Terlihat Luas

 

Setiap orang pasti mendambakan hunian yang nyaman dan sedap dipandang mata. Demi mendukung suasana yang memuaskan bagi penghuninya, penataan setiap ruangan harus diperhatikan, terutama dapur dan ruang makan.
Umumnya, dapur tak memiliki lahan yang besar. Ada beberapa cara membuat dapur dan ruang makan terlihat lebih luas yang bisa Anda coba.

Penataan dapur dan ruang makan memerlukan upaya untuk mengatur berbagai perlengkapan memasak dan menyantap hidangan. Kendala utama dalam menata kedua area tersebut adalah keterbatasan ruang.

Tak hanya itu, kurangnya pemahaman dalam mendekorasi sering kali membuat ruangan menjadi terkesan sempit dan menyesakkan. Nyatanya, dalam mendekorasi hunian mungil, perlu mempertimbangkan ruang yang terbatas dan memprioritaskan kebutuhan.

1. Menyimpan bumbu dengan rapi
Tidak menyimpan bumbu dengan rapi dan teratur merupakan salah satu kesalahan yang paling umum dilakukan dalam menata area dapur. Penyimpanan bumbu dapur pada wadah yang berbeda-beda bentuk dan ukuran, apalagi secara tercecer, dapat mengurangi estetika dapur.

Bukan hanya tidak sedap untuk dipandang, tapi juga lebih sulit dicari saat dibutuhkan.

Supaya dapur lebih tertata dengan cantik, Anda perlu menaruh berbagai bumbu dapur pada wadah yang seragam. Setelah itu, wadah-wadah tersebut dapat Anda simpan pada spot khusus yang dekat dengan area memasak

2. Pencahayaan yang terang

Pencahayaan memiliki peran penting untuk mengatur suasana rumah. Pencahayaan di setiap ruangan perlu diatur berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan dan mood yang ingin diciptakan.

Area dapur memerlukan pencahayaan yang terang agar mendukung kegiatan memasak. Sayang, tak banyak yang menyadari hal tersebut. Akibatnya, ruangan bakal terlihat lebih sempit saat pencahayaan tidak maksimal.

Mengatur pencahayaan dengan baik menjadi salah satu cara membuat dapur terlihat lebih luas. Apalagi untuk Anda yang memiliki area dapur dan ruang makan yang terbatas.

3. Menaruh peralatan masak dengan teratur
Saat bingung menaruh peralatan masak yang memakan banyak tempat, tak jarang peralatan tersebut akhirnya disimpan sembarangan. Hal inilah yang membuat dapur terlihat berantakan dan tidak rapi.

Tidak perlu resah, Anda dapat menata panci dan teflon di dinding dengan memasang kaitan. Selain itu, Anda juga bisa menaruh tutup panci di laci atau meja dapur dengan menggunakan rak penyimpanan.

Dengan menata peralatan masak secara teratur, dapur Anda dapat memiliki lebih banyak ruang sehingga terkesan lebih luas dan menawan.

4. Gunakan organizer untuk mengatur peralatan makan
Idealnya, meja makan hanya digunakan untuk menghidangkan dan menyantap makanan. Namun, sering kali meja makan juga dipenuhi peralatan makan yang ditaruh sembarangan. Menaruh barang-barang dengan tidak teratur berpotensi membuat ruangan terlihat lebih sempit.

Anda dapat menggunakan organizer untuk mengatur peralatan makan agar meja makan lebih nyaman, rapi, dan dapat menunjang penyajian hidangan. Beberapa organizer yang dapat digunakan termasuk tempat piring dan tempat alat makan.

Selain membuat meja makan lebih rapi, kedua organizer tersebut dapat mempermudah Anda untuk mengambil alat makan.

5. Memanfaatkan ruang secara maksimal
Tidak memaksimalkan penggunaan ruang kosong juga merupakan sebuah kelalaian dalam mendekorasi area dapur dan ruang makan.

Anda dapat menghemat space ruangan dengan kreativitas dalam mendekorasi. Semakin terbatas ruang yang dimiliki, semakin tinggi juga tingkat inovasi yang dibutuhkan.

Anda dapat memasang rak dinding dan yang dapat dimanfaatkan untuk menaruh toples, blender, dan set pisau dapur. Taruh rak dinding di area yang strategis agar mempermudah Anda saat memasak.

Itulah beberapa cara membuat dapur dan ruang makan agar terlihat lebih luas. Kini setelah mengetahui hal-hal tersebut, Anda dapat menerapkannya untuk memaksimalkan ruang kedua area tersebut bersama keluarga.

Sumber : https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20220712142259-284-820471/5-cara-membuat-dapur-dan-ruang-makan-terlihat-lebih-luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *