Jasa Desain Rumah Palembang – Prinsip Umum Ruang Keluarga-Kontraktor palembang

  1. Perhatikan Zona atau Zoning

Zona, tentu semua orang sudah mengetahui yang dimaksud dengan zona. Begitu pula ketika digunakan untuk menata desain ruangan. Anda harus mengetahui zona setiap ruangan, pada umumnya, zona dibedakan menjadi dua yaitu zona umum dan zona privat. Seiring waktu, zona berkembang menjadi semiumum/semiprivat yang bisa digunakan untuk beragam aktivitas tanpa mengganggu aktivitas lainnya.

Ruang keluarga adalah ruangan yang masuk ke ruang umum atau semiprivat. Namun, karena sempitnya lahan tren penggunaan ruang semakin luas yang mana ruang tamu, ruang makan, dan dapur menjadi satu area yang tidak dipisahkan zona. Kadangkala, ruang keluarga dijadikan satu fungsi dengan ruang tamu, hal ini sah-sah saja asalkan kenyamanan dari keluarga tidak terganggu dan tidak menghilangkan fungsi pokok setiap ruang tersebut.

  1. Flow Sirkulasi

Karena ruang keluarga merupakan salah satu ruangan yang menjadi pusat pertemuan, akan lebih baik jika posisi ruang kelurga ditempatkan pada ruang yang bisa dijangkau dari berbagai arah sehingga tidak menghalangi ruang yang satu dengan ruang yang lainnya. Pada umumnya, ruang keluarga banyak diterapkan dengan ruang yang terbuka karena ruangan tersebut mengusung zona semiprivat.

  1. Tata Ruang dan Desain Ruang

Tata ruang sangat berpengaruh pada visual dalam suatu hunian sehingga visual tersebut dapat mempengaruhi kenyamanan dari penghuni rumah. Visual ruang akan memberi jiwa pada ruang yang efeknya akan dirasakan oleh penghuni yang menggunakan ruang tersebut.

Menurut arsitek andal, Ir. And. Primus Handoyo menyatakan bahwa ruang keluarga tidak usah terpaku pada aturan yang kaku dan sebaiknya sefleksibel mungkin. Khususnya aturan tersebut digunakan dalam menentukan jenis barang dan bahan yang digunakan atau juga arah pandangan yang menuju pada satu titik tertentu misalkan TV. Yang terpenting adalah ruangan tersebut dapat menciptakan sebuah keluarga yang nyaman, kehangatan dan keakraban.

  1. Sirkulasi Udara dan Pencahayan

Nah, yang paling tidak kalah penting adalah pencahayaan dan sirkulasi udara yang cukup agar ruangan tidak pengap. Sirkulasi udara yang baik akan memberikan nuansa ruangan lebih segar, nyaman, rasa tidak sumpek dan lega. Sedangkan untuk pencahayaan selain membantu aktivitas terjadi di ruang keluarga juga bisa menciptakan suasana yang ingn dibangun dalam ruangan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *