DENGAN ATAP MAKA KITA AKAN LEBIH NYAMAN

Atap adalah salah satu bagian penting yang memiliki fungsi untuk semua makhluk hidup sebagai tempat berlindung atau tempat berteduh dari panas nya matahari, hujan dan angin. Jika tidak ada atap maka makhluk hidup akan sulit untuk mencari tempat berlindung / berteduh.

Atap juga memiliki seni tersendiri untuk rumah agar lebih terlihat menarik dan indah saat dilihat.

Saat hujan maka ada hal yang di takutkan seperti atap rumah yang bocor atau genteng rumah yang retak, maka dari itu kita harus memilih berbagai macam atap untuk kepentingan dan keperluan kita sendiri.

Atap juga memiliki fungsi untuk rumah kita 

  1. Mencegah masuk nya air hujan kedalam rumah.
  2. Mencegah masuk nya paparan sinar matahari secara langsung.
  3. Mencegah debu-debu atau polusi yang masuk kerumah.
  4. Menjaga barang / perabotan rumah kita agar tetap terjaga dan bersih.

dapat kita simpulkan penting nya atap bagi rumah kita adalah untuk melindungi segala hal seperti orang dalam rumah, benda-benda dirumah, paparan sinar matahari dan air hujan. Atap memiliki 3 bagian yaitu :

  1. Penutup atap
  2. Rangka atap
  3. Plafond

Tiga urutan tersebut adalah rangkaian dari atap. Atap juga memiliki banyak macam- macam jenis, yuk kenali secara singkat jenis-jenis atap.

Macam macam jenis atap 

  1. Atap Genteng Tanah Liat 

genteng tanah liat yang sudah terpasang rapi

Tidak jarang untuk dilihat dikalangan masyarakat, atap yang terbuat dari bahan tanah liat adalah salah satu atap yang awet untuk di pakai dijangka panjang. Atap ini adalah atap yang sering dipakai dikalangan masyarakat indonesia.

       2. Atap Seng 

Atap Seng: Fungsi, Harga, Plus Minusnya

 

(Rumah.com)

Dengan harganya yang terjangkau justru atap ini sering dipakai orang- orang yang membuka usaha seperti warung atau toko dipinggir jalan.

Yang terbuat dari material aluminium dengan memilki bobot yang sangat ringan dan mudah dibawa, namun atap ini memiliki suara yang sangat nyaring ketika terkena suatu benda ataupun hujan.

 

     3. Atap Kaca

 

Kanopi atap kaca tempered

Kaca tidak hanya dijadikan untuk jendela namun kaca juga terkadang dipakai untuk atap, sebagai pelindung rooftop biasanya memakai kaca untuk atap.

Menggunakan kaca untuk atap bisa menampilkan cahaya yang alami untuk rumah dan ruangan tertentu.

        4. Beton Cor  

Kenali Penyebab Dak Beton Bocor & Ketahui Cara Mencegah Kebocoran - Arafuru

(Arafuru)

Selain untuk atap beton juga bisa dipakai untuk menjemur atau taman rooftop untuk menikmati keindahan alam, atap yang sering dipakai dikalangan rumah minimalis dan sangat bagus untuk perlindungan rumah.

Dibandingkan dengan material  lainnya justru atap dak beton memiliki keunggulan tertentu yang berbeda dengan material atap lainnya, tidak mudah rusak dan tahan api adalah salah satu perbedaan dari atap lain.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *