Ini Waktu Yang Tepat Untuk renovasi

Kapan saya perlu renovasi?

Pertanyaan diatas adalah pertanyaan dasar yang jarang orang tanyakan. Rata- rata langsung nembak saja”bagusnya rumah saya diapain yaa?

Kalau buat saya ini sama aja kayak anda datang kedokter, langsung nanya butuh obat apa. Padahal untuk menjawab itu, dokter harus tau dulu anda sakitnya kenapa. Saya kalau ada yang nanya seperti itu pasti akan nanya balik. pertanyaan dasarnya cuma dua:

  • Kenapa pengen renovasi?
  • Apakah dananya sudah ada?

Ada 4 teori yang bisa membantu untuk memutuskan apakah anda perlu renovasi atau enggak. berikut teorinya:

  1. Tujuannya penting, dananya ada : ketika anda masuk golongan ini, maka anda boleh melakukan renovasi. Anda tinggal pilih satu diantara 4 metode berikut:
    • Ngerjain renovasi sendiri
    • Manggil tukang
    • Manggil mandor
    • Manggil arsitek dan kontraktor
  2. Dana ada, tapi tujuannya tidak penting : meski anda punya dana, renovasi itu tetap beresiko. ada resiko anda ketipu, resiko berdrama dengan tetanggalah, dan lain-lain. Kalau udah tau tujuannya, maka pikirkan, apakah untuk mencapai tujuan tadi saya wajib banget harus renovasi? kalau ternyata engga butuh yaa ngga usah. jangan pernah renovasi hanya karena ingin terlihat cantik aja. Tujuan penting adalah yang didasari karena adanya masalah misal:
    • Anak sudah mulai besar dan mulai butuh kamar yang terpisah.
    • Rumah sekarang banyak yang rusak.
    • Banyak ruang di rumah yang gelap.
    • Macem-macem
  3. Tujuan penting, tapi tidak ada uang : jika anda masuk golongan ini, maka ada dua kemungkinannya. Kalau mendesak maka terpaksa anda harus mencari solusi selain renovasi. cari cara untuk mencapai tujuan yang sesuai kemampuan finansial anda. Jika tidak mendesak maka solusinya adalah jangan renovasi dulu. tungguin sampai dananya ada. Asumsikan aja dana yang dibutuhkan itu 4-5 jutaan permeter untuk renovasi total. Artinya kalau luas yang mau direnovasi 20meter persegi, ya anda minimal harus ada budget 80-100 juta. tentu ini bisa naik atau turun tergantung kasusnya. kalau anda bingung hubungi saya http://wa.me/6289677302811
  4. Udah miskin, banyak gaya : kalau kata saya orng digolongan ini mending gak usah mikirin renovasi. anda cuma pengen pamer, tapi anda sendiri juga sebenarnya tidak punya duit. daripada anda renovasi nanggung tanpa tujuan, lebih  baik dananya ditabung atau dipake untuk hal lain. renovasi dengan dana minim hanya akan bikin duit anda makin habis.

Semua hal yang saya sebutkan diatas, tidak hanya berlaku untuk renovasi.beli rumah jadi atau bangun rumah dari nol kriterianya juga sama. anda tetap butuh tujuan yang penting dan dana yang cukup. jangan asal membangun rumah tapi ga ngerti buat apa tujuannya. apalagi kalau aslinya gak ada uang. meskipun saya dapat uang dari orang yang mau renovasi atau bangun rumah, tapi bukan berarti saya pengen semua orang di dunia renovasi.

Konstruksi itu bukan urusan privat semata. ada pertanggungjawaban publik disana. uang yang keluar uang beneran, resiko yang di hadapi resiko beneran, dan kerusakan alam yang muncul gara-gara konstruksi juga beneran. jadi ketika anda memutuskan sesuatu pastikan anda punya tujuan, kalau anda tidak punya tujuan apayang anda kerjakan akan sia-sia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *