Prinsip Ruang Keluarga

Kalau ditanya apa bagian terpenting dari rumah ??

maka akan saya jawab hakikat rumah itu adanya bukan di fisik, tapi di dalam keluarga. fisik rumah cuma wadah sementara bagian utamanya adalah penghuninya, interaksinya, akurnya, kasih sayangnya,

Inilah yang jadi penyebab

Mengapa ruang keluarga itu harus bekerja seperti magnet, dia harus punya fitur yang bisa menarik semua orang di rumah supaya berkumpul di ruang ini.

Untuk penerapannya,

Ruang keluarga itu gak boleh sampai terpisah secara total dari ruang lain yang ada di rumah. jangan sampai orang di lantai bawah kalau mau manggil orang di lantai atas jadi harus ngechat lewat whatsapp segala.

Harusnya yang bener tuh,

Ruang keluarga itu harus punya koneksi visual dengan ruang lain. entah pake void, split-level, lantai kaca, apapun itu. Jadi kalau ada orang di lantai atas, kita bisa saling liat dan tetap bisa saling berinteraksi. Gak cuma sekedar whatsapp aja.

Kasus di jaman dulu

Ruang keluarga bisa jadi magnet karena dulu ada TV. Dulu belum ada kebiasaan orang rebahan di kamar main hp sampai berjam-jam. Otomatis orang bakalan ngumpul terus.

Kasus di jaman sekarang,

Sofa dan TV belum tentu menarik penghuni rumah kesini. Ruang keluarga cuma bisa jadi pajangan doang. bapak, ibu, adek, kakak, semua seharian cuma di kamar.

Namun sayangnya, mayoritas masyarakat kita masih belum sadar tentangĀ  hal-hal macam ini. Ruang keluarga kalau isinya bukan sofa, meja dan TV dianggap belum umum. Developer perumahan juga pasti mikir kalau bikin rumah yang aneh-aneh nanti bakal ada yang beli gak yaa, jangan jangan ntar gak laku.

Padahal kalau mau, aslinya tuh banyak cara untuk bikin ruang keluarga yang bisa narik penghuni supaya akrab. Kalau memang ada yang doyan nonton TV, kenapa pula perlu ada ruangan khusus buat nonton TV?

Mendingan ruang itu dipake buat tempatnya rebahan, main hp, main laptop,nonton netflix, makan dan sebagainya.

keluarga jadi ngumpul, rumah pun jadi hidup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *