Mending Beli atau Bangun?

Beli atau bangun rumah bisa di analogikan seperti makan burger. kalau makan burger, pilihannya ada dua. bisa masak sendiri atau beli di restoran, KFC atau burger king.

Perbandingannya seperti ini:

  • Kalau beli sendiri  kita bisa berkreasi sesuka hati.mau dikasih sosis kek, telur atau apapun itu boleh aja.Kita gak perlu ikut terpaku dengan resep punya orang.
  • Tapi kalau beli jadi, kita mesti pasrah dengan menu yang ada. Request mungkin bisa tapi cuma kecil-kecil aja. ga pake saos,kejunya dibanyakin, dan sebagainya.

Nah untuk effortnya pasti jauh beda:

  • kalau makan di restoran kita tinggal duduk manis nungguin burgernya jadi. pokoknya pesan, bayar, makan, pulang.
  • kalau bikin sendiri mulai dai belanja, masak, bahkan cuci piring pun kita sendiri yang ngerjain. minimal ngordinir gitu.

tapi secara harga masak sendiri sudah pasti jauh lebih murah. sedangkan beli di restoran kita harus bayar restoran untuk biaya marketing, biaya pelayanan, biaya profit, dan sebagainya. Begitupun dengan rumah, bangun sendiri dan beli rumah jadi sebenarnya gak ada yang lebih bagus. semua tergantung kebutuhan.

Bedanya dengan burger: 

rumah itu harganya mahal, sehingga di beberapa kasus kita terpaksa nyari orang yang jual dengan opsi nyicil. sementara kalau bangun sendiri, untuk nyicil kita harus ngajuin kredit sendiri, kalau gamau ya gak bisa nyicil.

Tapi disisi lain burger kalau kita gak doyan, nyeselnya cuma sehari dua hari. Tapi kalau rumah, kalau sampai gagal yaa terpaksa kita harus terima sampe mungkin seumur hidup.

Kesimpulannya, kalau anda punya kebutuhan

  • harus punya rumah buru-buru
  • gamau effort dan report
  • sukanya terima jadi

maka beli rumah jadi lebih baik. tapi kalau di luar itu, jelas bangun sendiri akan jauh lebih bagus di segala sisi, mulai dari segi harga, fungsi, tampilan, dan segalanya. pilihannya ada di tangan anda.

pengen konsultasi tentang pembangunan rumah, renovasi atau interior hubungi kami di

wa: https://wa.me/6289677302811

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *