Dua Tipe Taktik Untuk Nyicil Bangun

Bayangin ada 2 orang mereka berdua punya tanah, butuh rumah, tapi duitnya gak banyak. jadi mereka mau bangun rumah secara bertahap.

Karena mereka teman dekat akhirnya bu riri dan bu rara ngebangun pake mandor yang sama, biar gampang kita sebut aja namanya pak toni.

  • Di pembangunan tahap 1: Pembangunan berjalan sangat lancar. kualitas kerjaan si pak joni dirumah bu rara dan bu riri sama sama bagus.
  • Tapi di tahap 2: Akhirnya bu riri dan bu rara terpaksa pake jasa mandor lain, yaitu pak jono.

Dalam studi kasus:

  • Di kasus bu riri kerjaan pak joni yang jaman dulu sudah tuntas. rumahnya masih kecil tapi udah jadi. efeknya pak jono gak akan pusing untuk urusan rumah bu riri. tinggal fokus aja di bagian yang dia kerjain. Misal disuruh bikin kamar, yaa bikin kamar aja.
  • Di kasus bu rara rumahnya itu belum jadi.bisa dibilang pak jono nerusin kerjaan yang dulu belum kelar. di rumah bu rara pak jono jadi pusing. ada bagian yang dia kira sudah beres, eh ternyata belum. ada yang dikira gini, ehh ternyata jadi gitu.

Kondisi pun berbeda:

  • Di rumah bu riri, rumahnya sangat terawat karena rumahnya udah jadi, bu riri jadi tinggal di sini. Dia tiap hari buka jendela, nyapu, ngepel, dsb. Rumah bu riri gak terlantar dan dirawat terus.
  • Di rumah bu rara, rumahnya belum jadi. di rumah bu rara komponen yang sudah terbangun jadi terlantar. sering kehujanan, kepanasan, bahkan bisa aja ada maling yang nyolong.

Pada saat masalah terjadi:

  • Bu riri dengan gampang akan tau mana urusan siapa. Di rumah bu riri, kal dapur ada masalah berarti urusan pak jono. tapi kalauada problem di kamar, berarti itu urusan pak joni. EASY KAN?
  • Sementara bu rara, dia susah menentukan tanggungjawab. katanya pak joni kerjaan di sudah beres, tapi kata pak jono harusnya itu kerjaan pak joni. begitu aja terus. Proyek lanjutin kerjaan tuh pasti gini.

Inilah yang jadi alasan kenapa banyak arsitek ataupun kontraktor yang well-estabilished sering menolak proyak yang dicicil per kompenen. ini bukan tentang duit, kalau memang mau rumah nyicil beolh boleh aja. tapi cicilnya per area. kalau perkompenen, manajemen dan kontrolingnya penuh resiko

Ibarat masak kalau pas belanja ke pasar duit kita dikit, maka cara yang benar adalah bikin porsinya tuh yang dikit. bukan justru belanja porsi banyak tapi tidak lengkap, masakannya gak jadi,terus dilanjutin kapan-kapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *